Tujuan merupakan target-target yang bersifat kuantitatif dari suatu organisasi, dimana pencapaian target-target tersebut merupakan ukuran dari keberhasilan kinerja faktor-faktor penentu keberhasilan suatu organisasi. Oleh karena itu, tujuan merupakan bagian integral dari proses manajemen strategi yang didalamnya mengandung usaha untuk melaksanakan keinginan.
Sasaran organisasi merupakan bagian integral dalam proses perencanaan strategis organisasi sehingga harus disusun secara konsisten dengan perumusan visi, misi dan tujuan organisasi. Fokus utama penentuan sasaran adalah tindakan dan alokasi sumber daya organisasi dalam kaitannya dengan pencapaian kinerja yang diinginkan. Sasaran merupakan hasil yang akan dicapai dalam rumusan yang spesifik, terukur, dalam kurun waktu tertentu secara berkesinambungan sejalan dengan tujuan yang ditetapkan.
Tujuan dan sasaran kinerja Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro adalah mengacu kepada Tujuan RPD Kabupaten Bojonegoro, sebagaimana dalam tabel dibawah ini.
Tabel 4.1
Misi,Tujuan dan Sasaran RPD dan Renstra PD
RPD KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2018-2023 |
|
TUJUAN |
Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, bertanggung jawab dan inovatif |
SASARAN |
Meningkatnya Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan |
RENSTRA PD KECAMATAN SUGIHWARAS TAHUN 2024-2026 |
|
TUJUAN |
Meningkatnya Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan |
SASARAN 1 |
Meningkatnya kualitas penyelenggaraan pelayanan administrasi terpadu kecamatan |
SASARAN 2 |
Meningkatnya akuntabilitas dan kreatifitas penyelenggaraan pemerintahan |
Tabel 4.2
Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah
RENSTRA PD Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024-2026
TUJUAN, SASARAN, PROGRAM, KEGIATAN & SUB KEGIATAN |
INDIKATOR TUJUAN, SASARAN, PROGRAM, KEGIATAN & SUB KEGIATAN |
FORMULASI |
SATUAN |
BASELINE |
Capaian |
TARGET |
|||||||||||||||
2021 |
2022 |
2023 |
2024 |
2025 |
2026 |
Kondisi Akhir |
|||||||||||||||
T |
Rp |
T |
Rp |
T |
Rp |
T |
Rp |
T |
Rp |
||||||||||||
Tujuan RPD : |
Inndeks reformasi birokrasi |
hasil survei kepuasan masyarakat terhadap unit pelayanan publik Kecamatan |
Indek |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
Sasaran RPD : |
Indeks Kepuasan Masyarakat |
hasil survei kepuasan masyarakat terhadap unit pelayanan publik Kecamatan |
Indek |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
Tujuan Renstra PD: |
Indeks Kepuasan Masyarakat |
hasil survei kepuasan masyarakat terhadap unit pelayanan publik Kecamatan |
Indek |
|
320 |
331 |
|
334,1 |
|
337 |
|
338,84 |
|
1340,94 |
|
|
|
|
|
|
|
Sasaran Renstra PD: Meningkatnya kualitas penyelenggaraan pelayanan administrasi terpadu kecamatan |
Rata-rata layanan kecamatan yang dapat diselesaikan sesuai SOP |
Jumlah layanan yang diselesaikan sesuai SOP / Jumlah ajuan layanan x 100% |
% |
|
80,00 |
82,75 |
|
83,53 |
|
84,25 |
|
84,71 |
|
67,05 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Persentase Layanan Pemerintahan yang dapat diselesaikan sesuai SOP |
Jumlah Layanan Pemerintahan yang dapat diselesaikan sesuai SOP/Jumlah ajuan layanan x 100% |
% |
|
80 |
82 |
|
83 |
|
83,5 |
|
85,34 |
|
345,568 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Persentase Layanan Kesejahteraan Masyarakat yang dapat diselesaikan sesuai SOP |
Jumlah Layanan Kesejahteraan Masyarakat yang dapat diselesaikan sesuai SOPJumlah ajuan layanan x 100% |
% |
|
80 |
85 |
|
85,05 |
|
85,5 |
|
85,5 |
|
341,05 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Persentase Layanan Pemberdayaan Masyarakat yang dapat diselesaikan sesuai SOP |
Jumlah Layanan Pemberdayaan Masyarakat yang dapat diselesaikan sesuai SOP Jumlah ajuan layanan x 100% |
% |
|
80 |
81 |
|
82 |
|
83 |
|
83 |
|
329 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Persentase Layanan Ketrentaman dan ketertiban umum yang dapat diselesaikan sesuai SOP |
Jumlah Layanan Ketrentaman dan ketertiban umum yang dapat diselesaikan sesuai SOP Jumlah ajuan layanan x 100% |
% |
|
80 |
83 |
|
84,05 |
|
85 |
|
85 |
|
337,05 |
|
|
|
|
|
|
|
Sasaran Renstra PD: Meningkatnya akuntabilitas dan kreatifitas penyelenggaraan pemerintahan |
Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat Kecamatan |
Hasil Survey Kepuasan Masyarakat |
Indek |
|
3,50 |
3,50 |
|
3,34 |
|
3,37 |
|
3,38 |
|
13,40 |
|
|
|
|
|
|
|
|
SAKIP |
Nilai SAKIP Kecamatan dari hasil evaluasi Inspektorat daerah |
Nilai |
|
CC |
B |
|
B (65) |
|
B (66) |
|
B (67) |
|
B |
|
|
|
|
|
|
|
|
Serapan Anggaran |
Bobot sub Penilaian x Nilai data Kinerja/ 100 |
% |
|
95% |
93,95% |
|
90 % |
|
91 % |
|
91,5% |
|
272,5 |
|
Sumber Data : Form Cascading RPD Kecamatan Sugihwaras perencanaan Tahun 2024-2026
Rencana Strategis Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro Tahun 2018- 2023 berfungsi sebagai pedoman, penentu arah, sasaran dan tujuan bagi aparatur Kecamatan Sugihwaras dalam melaksanakan tugas mengoordinasikan penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat di tingkat kecamatan. Pelaksanaan Renstra ini sangat memerlukan partisipasi, semangat, dan komitmen dari seluruh aparatur Kecamatan Sugihwaras, karena akan menentukan keberhasilan program dan kegiatan yang telah di susun. Dengan Renstra ini nantinya bukan hanya sebagai dokumen administrasi saja, karena secara substansial merupakan pencerminan tuntutan pembangunan yang memang di butuhkan oleh stakeholder sesuai dengan visi dan misi daerah yang ingin di capai.
Sebagai uraian akhir pada Bab Penutup Renstra Kantor Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024 – 2026 ini, disampaikan kaidah pelaksanaan Renstra dengan penjelasan sebagai berikut :
1) Sesuai Ketentuan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan nasional, maka dengan ditetapkannya Renstra Kantor Kecamatan Sugihwaras ini selanjutnya akan dijadikan pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja atau Rencana kinerja Tahun Kantor Kecamatan Sugihwaras sampai dengan Tahun 2026;
2) Dengan ditetapkannya Renstra Kantor Kecamatan Sugihwaras Tahun 2024-2026 ini semua pihak dan pemangku kepentingan (stakeholders) yang berkaitan dengan pembangunan bidang pemerintahan terikat untuk menjadikannya sebagai acuan dan arahan operasionalisasi peran masing-masing dalam pelaksanaan program dan rencana kegiatan tahunan;
3) Renstra Kecamatan Sugihwaras Tahun 2024-2026 ini akan dijadikan dasar pengukuran dan evaluasi kinerja secara kumulatif dari tahun 2024-2026 dan sekaligus sebagai dasar laporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi organisasi sampai dengan Tahun 2026;
4) Diharapkan dengan tersusunnya Renstra Kecamatan Sugihwaras Tahun 2024-2026 ini dapat dibangun komitmen bersama dari seluruh jajaran organisasi untuk azas dalam perencanaan kinerja tahunan dan dapat dihindari adanya rencana kerja atau rencana tahunan yang keluar dari kesepakatan dalam Renstra ini.
Akhir kata semoga Rencana Strategis Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro ini dapat diimplementasikan dengan baik sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditetapkan secara konsisten dalam rangka mendukung terwujudnya tata pemerintahan yang baik dan bersih melalui rencana tahunan dalam bentuk Rencana Kerja (Renja) Kecamatan Sugihwaras.
Sugihwaras, 14 April 2023
CAMAT SUGIHWARAS
SUPRANATA, S.Sos,MM.
Pembina
NIP. 19680921 199202 1 001